Marketing On-line

Berikut adalah beberapa strategi yang kerap yang dapat dijalankan agar berhasil mengubah cara pandang orang dalam berbelanja online:

Strategi #1 :

Membangun Viral marketing dengan tampil di berbagai situs jejaring social. Situs jejaring sosial adalah salah satu tren internet yang sedang hangat dibicarakan sekarang ini. Semua orang di seluruh dunia aktif berkomunikasi melalui website dan komunitas online yang menghubungkan semua penggunanya untuk tujuan yang berbeda-beda, seperti: Berbagi hobi, pengalaman, budaya, cerita dan ide. Beberapa situs jejaring sosial yang banyak dibicarakan diantaranya adalah: MySpace, Facebook, Del.icio.us, Digg, dan Reddit. Para pemilik bisnis online banyak mendapat keuntungan melalui komunitas ini dalam menjangkau pelanggan yang tertarik terhadap produk mereka.

Kebanyakan marketer juga menggunakan widgets untuk mempromosikan produk mereka. Widget merupakan potongan kode dari sebuah desain website yang bisa orang lain tempatkan di situsnya, atau di data diri yang ada di situs jejaring sosial. Melalui widget, kita bisa berbagi banyak hal, mulai dari berbagi informasi yang dimasukkan oleh pemilik website ataupun informasi yang didapatkan dari situs lain. Tak heran jika pilihan pengaturan widget tidak terbatas.

Jika kita ingin membuat widget untuk situs kita, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Widget harus memiliki manfaat: Widget yang dimiliki StyleFeeder adalah sebuah contoh widget yang bermanfaat bagi penggunanya. Mereka bisa bertukar informasi mengenai pengalaman berbelanja mereka dengan teman dan kerabat melalui potongan kode html yang sederhana.
  2. Jika kita sedang berpikir untuk membuat widget yang tepat untuk situs kita, pikirkan tentang informasi apa yang akan pengguna gunakan untuk berbagi dengan temannya dan sediakan kemudahan bagi mereka dalam melakukannya. Misalnya kita menjual binatang peliharaan, kita bisa menyediakan widget yang memungkinkan pengguna berbagi binatang kesukaan mereka dari situs Anda atau dari foto binatang peliharaan mereka sendiri. Yang patut diingat, jika widget yang kita buat tidak menawarkan manfaat, tidak ada orang yang akan mau memposting apalagi merekomendasikannya.
  3. Widget harus mudah digunakan: Widget yang kita buat harus berdasarkan kode sederhana yang mudah diinstal oleh pembaca. Pastikan untuk menempatkan instruksi penginstallan yang sesuai dengan semua jenis situs jejaring sosial dan blog. Jangan lupa juga untuk menempatkan sebuah link back ke situs kita di setiap widget yang akan kita tempatkan, misalnya dengan subjek seperti berikut: “Get This Widget for Your MySpace Profile!”. Hal ini juga akan turut memberikan tambahan kualitas terhadap SEO yang sedang kita kerjakan.
  4. Pastikan Widget berjalan dengan baik: Bukan seorang koder atau web developer bukanlah alasan untuk tidak bisa membuat widget. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengetahui bagaimana caranya membuat sebuah kode widget sendiri. Situs seperti Elance atau GetFreelancer bisa menjadi pilihan untuk membuat widget yang kita inginkan. Kita bisa membuat proposal untuk jenis widget yang kita inginkan. Orang yang tahu bagaimana caranya bisa melakukan bid terhadap proposal Anda. Harga umumnya sangat tergantung dari seberapa kompleks widget yang kita inginkan. Lakukan pencarian melalui situs-situs serupa untuk mendapatkan ide tentang berapa harga yang pantas untuk jenis widget yang kita inginkan.

Walaupun kita tidak tertarik untuk membuat widget yang bisa menarik banyak traffic ke situs kita, kita masih tetap bisa membuat profil di semua situs jejaring sosial supaya tetap bisa berhubungan dekat dengan pelanggan. Namun, jangan hanya menjual, pastikan juga kita aktif menjawab dan menawarkan informasi berharga.

Strategi #2 :

Bangun konten bermanfaat melalui blog yang terbuka bagi pembaca

Banyak dan timnya berhasil memperkenalkan cara baru dalam proses blogging yang membuat pembacanya kembali berkunjung secara rutin. Apa yang mereka lakukan adalah mengubah pembaca menjadi blogger, tidak hanya membaca tapi aktif membangun blog dan melakukan posting.

Strategi ini bukanlah satu-satunya strategi yang akan bekerja efektif untuk setiap jenis bisnis. Namun, jika situs kita fokus terhadap komunitas tertentu, atau kita memiliki blog dengan jumlah anggota dan pengunjung yang tetap, strategi ini bisa membantu dalam membangun komunikasi secara lebih efektif. Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapat dengan menyediakan blog terbuka bagi pembaca:

  1. Membuat pembaca tahu betapa pentingnya ide mereka bagi kelangsungan bisnis kita.
  2. Munculnya cara pandang yang segar dan baru.
  3. Pembaca kita terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama sehingga memudahkan dalam berbagi informasi.
  4. Kita tidak perlu membuat konten yang baru

Jika kita memutuskan untuk mengundang beberapa pembaca tetap untuk melakukan posting atau komentar di blog, berikut adalah hal yang harus kita perhatikan:

  1. Lakukan monitoring secara rutin untuk melihat apa-apa saja yang diposting oleh pembaca.
  2. Sediakan sumber yang tepat untuk membantu pembaca dalam memposting.
  3. Buat beberapa kebijakan-kebijakan dalan melakukan posting.
  4. Tempatkan profil singkat dan link dari penulis di akhir setiap posting.
  5. Pastikan kita memberi ucapan terima kasih untuk setiap posting yang telah mereka lakukan supaya mereka tahu bahwa kita menghargai kontribusi mereka.

Strategi #3:

Membangun Traffic melalui Optimisasi Search Engine (SEO)

Banyak menawarkan beberapa tips SEO yang tidak tergantung pada penempatan kata kunci namun lebih kepada bagaimana situs kita dibangun. Kata kunci sangat penting sebagai pintu dalam menarik traffic ke situs kita, namun pada saat traffic sudah masuk ke situs kita, sangat penting untuk membuat struktur website yang tidak akan membuat pengunjung tersasar.

Banyak menyarankan bagi para pemilik website untuk tidak menempatkan link yang tidak lagi berfungsi atau halaman yang tidak lagi memuat konten yang berhubungan. Pastikan setiap link dan konten yang kita tempatkan sudah sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin kita capai.