Tips kali ini ada bagaimana caranya kita bisa membuat Email untuk anak - anak. Tips ini mungkin bisa kalian terapkan untuk anak kalian, Keponakan, anak sahabat kalian, atau bagi yang belum menikah bisa kalian manfaatkan kelak kalian sudah menikah dan memiliki anak.

Internet bagi anak - anak sebetulnya lebih banyak gunanya atau bahayanya ? Pertanyaan ini akan menimbulkan debat panjang. Anak - anak bisa mendapat berbagai ilmu pengetahuan dari Internet. Apabila kita sedikit cermati, saat ini anak SD pun sudah mendapat tugas yang jawabannya harus mencari di Internet. Memang dari Internet anak - anak bisa mendapat banyak ilmu pengetahuan termasuk ilmu yang belum saatnya mereka terima dan ilmu yang sebetulnya bukan untuk mereka para anak - anak. Apakah berarti para orang tua harus melarang mereka berinternet ? Beberapa orang tua bisa jadi menentang aksi pelarangan ini. Karena tidak bisa di pungkiri kalau Internet juga punya banyak nilai positif nya.

Jalan tengahnya yang barangkali bisa diambil, koneksi internet tetap dibuka namun tidak dibuka "seluas-luasnya". Ada batasan yang bisa dibuat oleh orang tua, Contohnya pada Windows Vista memiliki vitur seperti itu namanya adalah "Parental Control". Namun ada juga software lainnya yang tidak terbundel dengan Windows. Misalnya, Net Nanny dan CyberPatrol Parental Control. Namun sayangnya tak satupun dari software - software ini memiliki fitur untuk dapat mengawasi Email si kecil. Padahal Informasi yang "Tidak Benar" bisa juga masuk ke dalam Inbox pada Email si kecil.

Nah, saat ini para orang tua bisa mengawasi Email anak mereka menggunakan software yang berasal dari Windows Live. Peranti itu bernama Windows Live Family Safety, hanya saja orang tua dan anaknya harus memiliki e-mail di Windows Live (bisa Hotmail, Windows Live atau Live). Kalau kalian sebagai orang tua sudah memilik account e-mail di Windows Live, bukalah e-mail kalian. Namun kalau belum memiliki silahkan bikin e-mail terlebih dahulu di www.live.com atau www.hotmail.com untuk mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu loginlah dan download Software Family Safety dari http://download.live.com/familysafety setelah terdownload lakukanlah instalasi.


Pada menu aplikasi berilah tanda pada Family Safety saja, namun apabila kalian mau menginstal menu lainnya silahkan beri tanda pada yang ingin kalian instal. Setelah terinstal ikutilah langkah - langkah berikut ini :

1. Apabila proses Instalasi telah selesai, jalankan Family Safety. Langsung saja lakukan login. klik [masuk] setelah Windows Live ID dan Password diisi. (saya menggunakan Family Safety versi Bahasa Indonesia / namun apabila kalian ingin menggunakan bahasa Inggris bisa kalian setting pada saat mendownload)


2. Di kotak setelah login, klik [masuk ke situs web Family Safety] sehingga browser pun membuka situs web.

3. Di situs web Family Safety, klik [Tambahkan Anak]. Kemudian, klik [Buat ID Anak] untuk membuatkan alamat e-mail baru bagi mereka.


4. Isilah semua informasi yang diperlukan untuk membuat alamat email bagi anak yang akan kalian buatkan emailnya.


5. Halaman berikutnya langsung mengatur situs web yang akan di blok sehingga tidak bisa dibuka oleh si anak. Kalian bisa memilih [Ketat] untuk memblok semua situs web kecuali situs web yang dianggap cocok untuk anak - anak dan situs web yang sudah kalian tentukan. Kalian bisa melihat daftar situs web yang cocok untuk anak - anak di https://fss.live.com/kids.

6. Kalian bisa memasukan situs web untuk di blok atau untuk di izinkan. Masukkan alamat situs web itu kemudian pilih aksinya, blok atau diperbolehkan. Klik [Tambah] untuk menambah alamat situs web yang akan di masukan. Kalau sudah jangan lupa klik [Simpan].

7. Klik [Manajemen Kontak] untuk menyaring e-mail yang masuk ke kotak suratnya. Dihalaman yang kemudian muncul, kalian bisa mengatur agar anak kalian cuma bisa berkomunikasi dengan alamat e-mail tertentu saja. Masukan nama serta alamat e-mail yang bisa berkomunikasi dengan anak kalian. Klik [Tambah] untuk memasukan alamat - alamat email yang lainnya.